Tuesday, January 10, 2017

Cara Menjinakkan Kucing Kampung yang Liar

Menjinakkan Kucing Kampung Liar - Kucing dengan keragaman jenisnya tentunya mempunyai sifat dan juga karakter yang berbeda beda pula, sifat kucing yang umum dimiliki oleh semua jenis kucing adalah aktif dan suka bermain. Namun ada beberapa jenis kucing yang lembut, pemalas dan jarang beraktivitas seperti kucing persia. Seperti yang kalian semua ketahui kucing kampung atau domestik juga masih menjadi salah satu kucing favorit untuk dijadikan kucing peliharaan jadi jika kalian kebetulan menemukan kucing kampung yang liar tentunya kalian ingin supaya kucing tersebut jadi lebih penurut dan tidak kelihatan liar bukan.
Cara Menjinakkan Kucing Kampung yang Liar
Kucing Kampung Liar
Sumber gambar : blogpub.com

Sebenarnya dalam memelihara kucing kampung sangat mudah karena kucing kampung termasuk kucing mandiri yang bisa hidup sendiri tetapi jika kucing kampung yang liar tentunya kalian akan lumayan kesusahan karena kucing liar sering membuat masalah dan kadang suka merusak barang barang kalian. Jika merawat kucing kampung biasa maka silahkan membaca artikel kucing berikut ini.
Baca juga : Kelebihan Memelihara Kucing Kampung
Walaupun jarang yang memelihara kucing liar tetapi bukan tidak mungkin juga untuk menjinakkan kucing liar, kucing liar juga bisa dijadikan peliharaan dan malah ada kesan asyik tersendiri dalam memelihara kucing liar. Jika kucing liar yang kalian sukai menjadi penurut atau jinak maka tentunya kalian akan lebih senang lagi karena tingkahnya pun juga akan berubah,lalu bagaimana sih tips untuk menjinakkan kucing liar. Berikut adalah beberapa tips untuk menjinakkan kucing liar.

Cara Menjinakkan Kucing Kampung yang Liar
  • Berikan Tempat atau Kandang
Pertama hal yang perlu kalian lakukan adalah memberikan kandang pada kucing supaya kucing bisa membiasakan diri untuk tidak terlalu banyak bergerak. Dalam tahap ini biasanya kucing akan sering berteriak dan ingin dilepas dari kandang, jadi biasakanlah dengan suara teriakan kucing.

  • Berikan Makanan yang Kucing Sukai
Berikan makanan kucing yang disukai, biasanya kucing liar memakan sesuatu yang berbeda dengan kucing peliharaan maka berikan makanan kucing dry food atau juga bisa wet food. Kebiasaan inilah yang juga bisa merubah sifat kucing jadi lebih lembut karena sering diberikan makanan yang enak. Selain itu lama kelamaan kucing tersebut juga akan hafal dengan kalian dan akan lebih menurut.

  • Perlakukan dengan Lembut
Ketika kucing sedang teriak atau bertingkah jangan sesekali membentak kucing, itu bisa membuat kucing takut dan menjadikan kucing tidak menyukai kalian maka dari itu kalian harus memperlakukan kucing kalian dengan lembut dan sabar supaya kucing kalian juga menurut dengan kalian.

  • Lakukan Perawatan Pada Kucing
Selain memberikan makanan dan juga kandang kalian juga harus membiasakan kucing untuk selalu bersih, mandikan kucing dan jangan lupa untuk menyisir bulunya. Lakukan pembersihan kucing secara teratur sampai kucing terbiasa, dengan melakukan kebiasaan ini kucing kalian akan terbiasa menjadi kucing peliharaan yang baik dan sifat liarnya pun lama kelamaan akan hilang.

  • Berikan Hadiah Pada Kucing
Jika kucing sudah mulai jinak dan tidak lagi nakal maka berikan sesuatu yang kucing sukai, seperti mengejaknya bermain, ,memberikan snack, memberikan daging atau apapun yang disukai kucing. Semakin kucing hafal dengan kalian maka kucing tersebut juga akan semakin sayang dengan kalian dan akan menurut.


Itulah beberapa tips untuk menjinakkan kucing kampung yang liar, semoga artikel kucing tentang kucing kampung ini bisa bermanfaat untuk cats lovers semuanya.

Referensi : limasembilancattery.com
Load disqus comments

0 comments