Monday, January 2, 2017

Tips Merawat Anak Kucing Kampung yang Benar

Perawatan Anak Kucing Kampung - Sebenarnya anak kucing kampung juga mempunyai sisi lucu dan juga imut, namun dikarenakan sering menjumpai mereka berkeliaran di perkampungan bahkan di jalan umum atau pasar, jadinya sudah terbiasa dan tidak istimewa lagi kita melihatnya. Selain itu kita sering mendapati tingkah mereka yang mungkin menjengkelkan seperti membongkar sampah, mencuri ikan, makan tikus dan hal lainnya yang menjijikkan.
Anak Kucing Kampung
Sumber gambar : chainimage.com

Terlepas dari itu semua mereka hanyalah seekor binatang yang tak bertuan. Bisa jadi memang "kampungan", padahal mereka melakukan semua itu demi untuk bertahan hidup agar tidak kelaparan. Namu bila kalian ingin memelihara kucing tapi terkendala dengan modal yang tipis, mengasuh anak kucing kampung adalah solusinya.
Baca juga : Fakta Tentang Kucing Kampung yang Perlu Kalian Ketahui
Merawat dan melatih anak kucing kampung yang baru lahir lebih mudah daripada merawat kucing kampung yang sudah besar. Kita bisa melatih anak kucing kampung dari kecil dengan sesuka hati, misal mendidik untuk buang air kecil dan air besar di toilet, makan dan minum tidak tercecer dan lain-lain. Supaya lebih jelas maka silahkan simak tips perawatan anak kucing kampung dibawah ini.

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Merawat Anak Kucing Kampung
  • Makanan Anak Kucing Kampung
Yang paling menyenangkan dalam merawat anak kucing kampung adalah memberinya mereka makan. Tidak perlu banyak mengeluarkan uang untuk membeli susu khusus, makanan khusus di petshop atau hal lainnya seperti merawat kucing ras pada umumnya. Anak kucing kampung cukup diberi makan ikan yang direbus seperti ikan tongkol, boleh juga dicampur nasi, tapi secukupnya, jangan terlalu banyak, karena bisa mengakibatkan diabetes saat sudah dewasa nanti. Hindari pemberian daging, ikan mentah yang banyak mengandung bakteri didalamnya. Jangan pula memberi makanan kaleng, karena selain mahal juga tidak baik untuk pencernaannya.

  • Minuman Kucing Kampung
Minumannya cukup air putih saja, atau beri air sisa rebusan ikan yang dimakan. Boleh juga diberi susu, tapi pastikan susu yang diformulasikan khusus kucing yang bisa dibeli di petshop terdekat. Jangan memberikan susu untuk bayi manusia karena anak kucing kampung tidak bisa mencernanya dengan baik.

  • Memandikan Anak Kucing Kampung:
Memandikan kucing yang sudah besar dan tidak terbiasa mandi adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Baiknya memang kita merawat anak kucing kampung yang baru lahir atau paling tidak usianya dibawah 2 bulan. Ini dilakukan demi melatih dan membiasakan anak kucing kampung tersebut mandi dengan air.
Memandikan kucing kampung sebaiknya di kamar mandi yang tertutup agar kucing tidak takut dan mencoba lari. Agar tidak kabur sewaktu dimandikan coba taruh kain sebagai alas kakinya kucing saat mandi, biasanya cara ini ampuh dan tidak ada salahnya untuk dicoba.

Itulah beberapa tips dalam melakukan perawatan anak kucing kampung, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk cats lovers semuanya.
Load disqus comments

0 comments